Perbedaan antara rerangka konseptual FASB dan IASC

Posted: July 21, 2011 in Uncategorized

Kedua struktur meta teori versi FASB dan IASC, memiliki unsure-unsur yang mirip. Tetapi ada beberapa perbedaan prinsip dalam kedua model tersebut, yaitu :
 Pernyataan tujuan di FASB adalah pelaporan keuangan karena lingkup penerapan FASB adalah di amerika serikat yang mempertimbangkan karakteristik lingkunga. Tetapi di IASC tujuan pernyataannya adalah laporan keuangan dengan lingkup penerapan secara internasional sehingga karakteristik lingkungan local/Negara menjadi tidak relevan.
 Fokus utama tujuan pelaporan keuangan FASB adalah investor dan kreditor, sebagai pelaku utama di pasar modal Amerika. Sementara di IASC target pemakai dinyatakan secara umum, tidak focus pada kelompok tertentu karena harus mempertimbangkan karakteristik pelaku utama di berbagai Negara, dengan tingkatan pertumbuhan ekonomi yang berbeda, tingkatan kecanggihan pasar keuangan yang juga.
 Asumsi yang mendasari penyusunan laporan keuangan dan konsep modal dan mempertahankan modal secara eksplisit dinyatakan dalam IASC. Tetapi FASB tidak menyajikan kedua komponen konsep yang terpisah, karena kedua hal tersebut merupakan konsep dasar yang digunakan FASB dalam penjelasan, argument dan penalaran yang menyertai setiap komponen konsep.

Dengan memperhatikan beberapa perbedaan diatas, tampak bahwa struktur meta teori FASB lebih sempurna dibandingkan dengan IASC. FASB menggunakan penalaran yang lebih kuat serta penjelasan yang lebih lengkap untuk setiap konsepnya, sehingga FASB mempunyai nilai pendidikan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s